Home Kesehatan Cegah Penyebaran Virus Corona, Hotel dan Mall di Papua Diwajibkan Pasang Thermal Scanner

Cegah Penyebaran Virus Corona, Hotel dan Mall di Papua Diwajibkan Pasang Thermal Scanner

193
0
SHARE
Cegah Penyebaran Virus Corona, Hotel dan Mall di Papua Diwajibkan Pasang Thermal Scanner

Keterangan Gambar : Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal saat berdiskusi dengan Sekda Papua dan Plt Kadinkes Papua - Dok.galeriklementinal.com

Jayapura - Waspadai penyebaran virus Corona yang berpotensi membawa penyakit pneumonia atau penyakit menular lainnya, setiap hotel dan mall yang ada di seluruh Papua diwajibkan untuk memasang alat pemindai suhu (thermal scanner). 

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, mengatakan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan ada surat edaran Gubernur untuk para pelaku usaha di dunia perhotelan dan pasar modern yang ada di Papua, sebab penyebaran virus Corona menjadi atensi banyak pihak.

"Alat itu tidak mahal, hanya sekitar Rp300 ribu. Jadi bagi hotel dan mall yang tidak menjalankan instruksi ini, untuk sementara kami tidak akan mengizinkan beroperasi," kata Klemen Tinal di Jayapura, Kamis (5/3/2020).

Secara terpisah, Pemilik Hotel Aston Jayapura, Fredy Tuor mengaku sangat mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Papua dalam menghalau penyebaran virus Corona. 

Bahkan menurut ia, pihaknya sudah jauh-jauh hari berencana untuk membeli alat thermal scanner guna memeriksa setiap pengunjung yang ingin masuk hotel, hanya saja stok di Jayapura tidak ada sehingga harus memesannya di Jakarta.

"Tak hanya alat, kami juga ingin membeli semprotan disinfektannya sebagai upaya pencegahan. Kemungkinan pekan depan sudah tiba dan akan langsung kami aplikasikan sesuai instruksi Pemprov Papua," kata Fredy.

Sementara untuk pencegahan lain, ujar ia, manajemen Hotel Aston Jayapura mewajibkan seluruh tamu hotel untuk lebih dulu mengisi selembar kertas yang berisikan pernyataan tamu.

"Dalam surat tersebut setiap tamu yang ingin menginap harus lebih dulu menjawab pertanyaan yang adai di selembar kertas itu, mulai dari kondisi kesehatan, kunjungan pertama sebelum ke Papua hingga hal-hal terkait lainnya,".

"Kami harap apa yang dilakukan manajemen Aston bisa membantu pemerintah Papua dalam mencegah virus Corona," ujarnya. (Admin)