Home Kesehatan Wagub Instruksikan Dinkes Lakukan Tes Massal Seluruh ODP dan PDP

Wagub Instruksikan Dinkes Lakukan Tes Massal Seluruh ODP dan PDP

124
0
SHARE
Wagub Instruksikan Dinkes Lakukan Tes Massal Seluruh ODP dan PDP

Keterangan Gambar : Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal - galeriklementinal.com

Jayapura,- Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menginstruksikan Dinas Kesehatan di wilayahnya, untuk secepatnya melakukan tes massal terhadap 4029 pasien dengan status orang dalam pemantauan (ODP)  dan 152 pasien dalam pengawasan (PDP).  

"Jika menurut data, yang baru melakukan Polymerase Chain Reaction (PCR) itu 752 orang, berarti sisanya (selisihnya) masih belum, saya mau dalam dua minggu ini harus diselesaikan," kata Klemen Tinal saat rapat bersama Pimpinan OPD di Jayapura, Senin (27/4/2020).

Sebelum melakukan tes massal, dirinya meminta agar Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 lebih dulu merincikan ODP dan PDP menurut kabupaten/kota masing-masing, agar lebih mudah pengambilan tes. 
   
"Jika sudah dirincikan, tes bisa dilakukan dalam waktu satu minggu, terutama kabupaten yang angka kasusnya banyak. Kalau sudah tes, baru dilakukan penjagaan secara medis," ujarnya.

Ia mengaku tidak mempermasalahkan jika nantinya jumlah kasus positif akan naik secara signifikan setelah dilakukan tes massal. Karena yang buat grafik cepat naik adalah ODP dan PDP nya masih aktif kesana kemari dengan bebas.

"Kalau memang nantinya ODP dan PDP harus dirawat silahkan, tapi kalau hanya karantina mandiri silahkan tapi tetap harus dalam pengawasan, sebab ini sesuai dengan permintaan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas bersama pimpinan daerah se-Indonesia,".

"Saya juga sudah minta Dinas Perhubungan untuk menyiapkan penerbangan lokal, guna medistribusikan apa yang dibutuhkan, mengingat laboratorium hanya ada satu di Jayapura," ujarnya.  

Wagub Klemen Tinal menambahkan secara nasional pemerintah pusat menargetkan kasus pandemi Covid-19 akan berakhir pada Juli 2020. Untuk itu, jika Papua bisa bekerja dengan baik, pasti akan bisa selesai bersamaan dengan nasional.

Sementara Juru Bicara Covid-19 Papua, Silwanus Sumule meminta masyarakat bisa membantu pemerintah provinsi, kabupaten dan kota untuk berperilaku jujur karena cara itu dinilai lebih efektif. 

"Jika ada kontak dengan pasien Korona silahkan datang memeriksanakan diri, dengan begitu petugas kesehatan bisa melakukan penanganan cepat," katanya. (Admin)