Home Otonomi Wagub Papua Minta Paket Bansos Gunakan Produk Lokal

Wagub Papua Minta Paket Bansos Gunakan Produk Lokal

144
0
SHARE
Wagub Papua Minta Paket Bansos Gunakan Produk Lokal

Keterangan Gambar : Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal saat melepas puluhan mobil pengangkut bantuan bahan pokok - galeriklementinal.com

Jayapura,- Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal meminta seluruh paket bantuan sosial (Bansos) yang diperuntukan bagi masyarakat terdampak wabah Covid-19 di empat wilayah yakni Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Jayapura, semuanya menggunakan produk lokal baik hasil pertanian, perkebunan maupun peternakan.

"Di masa sulit seperti ini, kita harus memikirkan bagaimana dapat memberdayakan pertanian lokal atau produk daerah sendiri seperti beras, sayur, telur, ayam dan lainnya," kata Klemen Tinal di Jayapura kemarin.

Menurut ia, selama ini untuk hasil beras, sayur-mayur, buah dan ternak ayam banyak dikembangkan warga Kabupaten Keerom, Merauke dan Koya, Kota Jayapura. Kemudian ikan air tawar oleh warga Kabupaten Jayapura. Potensi-potensi ini harus dimanfaatkan agar ada perputaran uang di tingkat bawah.  

"Kecuali barangnya tidak dijual oleh petani lokal ya silahkan adakan dari luar. Tapi kalau semua barang bisa dibeli dari petani lokal, sebaiknya ambil dari mereka supaya ada perputaran uang," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Wagub Tinal juga memastikan telah menginstruksikan Satgas Covid-19 Papua untuk segera turun menyerahkan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

Lebih khusus bagi warga dengan kategori hidup dibawah garis kemiskinan serta karyawan swasta yang dirumahkan selama Pandemi Covid-19.

"Tentunya saya minta Satgas untuk berkoordinasi dengan pemda kabupaten dan kota khusus di empat wilayah (Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi dan Keerom) dulu agar pemberian bantuan tidak tumpang tindih (dobel),". 

"Begitu juga dengan paguyuban dan kerukunan serta warga non OAP, sehingga mereka yang hidup dibawah garis kemiskinan dan dirumahkan saat pandemi bisa terbantu," tutupnya. (Admin)